Kita sudah tahu bahwa server yang memiliki host website memerlukan sertifikat SSL/TLS untuk mengamankan koneksi ke browser, namun hal tersebut juga berlaku bagi mail server yang memiliki risiko ancaman siber karena email yang dikirim tidak memiliki koneksi aman hingga ke penerima yang dituju. Dan Anda juga memerlukan sertifikat keamanan digital untuk mengamankan mail server.

Lalu, sertifikat seperti apa yang diperlukan untuk mail server?

Jangan khawatir, kita akan membahasnya bersama di sini.

Pertama, kita perlu memisahkan dua hal ini karena memiliki arti yang beda: enkripsi email dan enkripsi mail server. Anda pernah mendengar tentang sertifikat Email Signing? Sertifikat yang mengenkrip dan menandatangani informasi yang terkandung di dalam email, sehingga keaslian email tersebut dapat dipatenkan sampai di tangan penerima.

Anda sudah menggunakan sertifikat tersebut pada akun surel Anda? Fantastic, keresahan tidak diperlukan lagi hanya karena email atau dokumen yang Anda kirim dapat diubah isinya oleh pihak ketiga, karena email signing tengah menjalankan tugasnya mengamankan email Anda.

Akan tetapi perlu ditegaskan kembali bahwa informasi username dan password dari akun surel Anda tidak mampu dienkrip maupun diamankan oleh email signing. Mengapa? Sebab email signing tidak bekerja pada lingkup tersebut. Tidak mengenkrip koneksi email yang menyeberangi internet.

Ketika Anda menggunakan koneksi POP atau IMAP untuk mengunduh email, informasi email dan password Anda akan menyeberangi internet sebagai cleartext. Yang berarti siapapun yang menggunakan koneksi nirkabel atau jaringan sama seperti Anda, memantau lalu lintas pada ISP Anda, atau seseorang yang sedang berposisi memantau traffic internet Anda maka memiliki potensi untuk mencegat dan membaca dengan mudah informasi username dan password Anda. Dengan begitu, tanpa hambatan apapun mereka dapat membaca seluruh email Anda dan yang lebih buruknya mencuri informasi rahasia Anda kemudian mengirimkan pesan spam bahkan melakukan tindakan jahat.

Seorang Hacker mungkin tertarik terhadap bisnis Anda dan mengintip informasi rahasia Anda untuk tindakan ilegal. Semakin mereka menginginkan informasi tersebut, mereka akan terus bertekad memasuki akun surel Anda dan mengirimkan pesan spam dengan menggunakan username serta password asli Anda dan kemudian memangsa ke akun surel lainnya. Riset terbaru menyatakan bahwa kriminal siber lebih berfokus memperoleh akun surel lebih banyak untuk disusupi. Kebanyakan mereka mengirimkan email phising atau scam untuk meminta uang.

Pernahkah Anda menerima sebuah pesan surel dari seseorang atau orang yang dikenal meminta uang?

Misal: ‘Aku Michele dari London dan dirampok saat berlibur di Bangkok, tolong bantu kirimkan aku uang.’

Jika ya, maka itu adalah salah satu bentuk phising email yang dilakukan oleh kriminal setelah berhasil meretas akun orang lain.

Dan Anda bisa mencegah email tersebut untuk tidak masuk ke inbox Anda.

Bagaimana?

Sertifikat SSL/TLS merupakan basis keamanan yang memberikan otentikasi dan enkripsi selama komunikasi online antar browser dengan mail server Anda berlangsung. Koneksi SSL/TLS dapat mengenkrip traffic email Anda yang tentunya tidak bisa dibaca oleh siapapun dari sudut manapun dalam browser dan mail server yang Anda gunakan.

Adapun kelemahan lainnya adalah biasanya SSL/TLS tidak mengenkrip email yang sedang dalam perjalanan menyeberang ke tujuannya (kecuali, kedua pihak pengirim dan penerima email telah saling memasang sertifikat SSL/TLS). Namun bagaimanapun, koneksi email Anda pada server dan browser tetap diamankan.

Ada dua alasan penting mengapa Anda harus memasang sertifikat SSL/TLS pada mail server:

  1. Menghindari ekploitasi pengiriman email

Masi terdapat eksploitasi yang digunakan terhadap pengiriman email, bahkan meskipun email tersebut sudah diamankan dengan sistem enkripsi. Mari berpikir, pihak ketiga mungkin tidak dapat membaca isi dalam email tersebut, namun mereka bisa melihat rute lalu lintas email kita; ke siapa email dikirim, seberapa besar ukurannya, dan lain-lan.

  1. Log in ke email dengan aman

Alasan lainnya adalah Anda perlu log in ke email dengan aman. Dan semua orang pun pasti melakukan hal yang sama. Kalau tidak, maka email tidak akan dapat diperiksa. Tanpa sebuah sertifikat SSL/TLS yang dipasang pada mail server, Anda (tidak sengaja)telah mengirimkan kredensial log in Anda menyeberangi internet dalam bentuk plaintext. Pengintip manapun akan mengintip terhadap koneksi Anda sekali saja dan mengikuti rute hingga berhasil mengakses akun surel serta memiliki kredensial Anda.

Jangan menunda keamanan Anda dan segeralah instal sertifikat SSL/TLS pada mail server untuk memastikan tidak hanya email Anda yang diamankan melainkan channel yang Anda kirim ke pengguna lain juga teramankan.

Dan di sini PusatSSL berperan dalam menyediakan sertifikat SSL/TLS untuk mail server yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, sehingga koneksi email Anda tetap aman dan terjamin.

PusatSSL Customer Support

Kontak Customer Support Kami

Kami siap membantu dan menyelesaikan permasalahan Sertifikat SSL/TLS Anda

PAYMENT

Metode Pembayaran di PusatSSL

ISO CERTIFIED

SSL USED