Pemilik web yang familier dengan sertifikat SSL/TLS berkualitas yang dimanfaatkan sebagai tombak bisnis online, pastinya juga tidak asing dengan Firewall–apa? Anda tidak tahu apa itu Firewall? Oke, tidak apa-apa. Di sini PusatSSL akan membahas secara umum apa itu Firewall dan apakah Firewall dan sertifikat SSL/TLS adalah ide keamanan yang bagus bagi situs web?

Tetap gulir ke bawah, ya!

apakah firewall dan sertifikat ssl/tls adalah ide keamanan yang bagus? Beli sertifikat ssl/tls geotrust berkualitas di pusatssl

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh sebuah bisnis adalah berurusan dengan pelanggaran data publik atau bentuk peretasan lainnya. Bisnis menghabiskan banyak uang dan sumber daya untuk menangani masalah keamanan siber. Tetapi, bukankah lebih baik menghentikan serangan dan ancaman tersebut sebelum memasuki pintu?

Di antara semua kecanggihan teknologi yang dikembangkan dan dimanfaatkan oleh pengguna, mungkin tidak ada yang lebih umum digunakan selain Firewall. Apa itu? Sebesar apakah peran Firewall dalam melindungi keamanan siber?

 

APA ITU FIREWALL DAN PERAN PERLINDUNGAN APA YANG DILAKUKANNYA?

Firewall adalah perangkat keamanan siber yang melindungi jaringan Anda dengan memantau, memfilter, dan mengontrol lalu lintas yang mencoba masuk atau keluar. Berfungsi sebagai dinding penghalang yang mengidentifikasi lalu lintas tepercaya dan lalu lintas asing serta membentuk satu atau lebih lapisan dalam pertahanan keamanan siber terhadap jaringan Anda.

Akses yang tidak sah akan dicegah masuk ke dalam  jaringan Anda dari internet dan melindungi perangkat yang terhubung baik itu komputer, server, dan perangkat yang terhubung seperti printer nirkabel dan termostat pintar.

 

BAGAIMANA FIREWALL BEKERJA?

Untuk mengetahui cara kerja Firewall, Anda perlu memahami cara data berjalan di internet. Data berjalan dalam Paket Data  merupakan fragmen data yang disatukan untuk membuat konten yang lebih besar. Paket Data ini berjalan dari perangkat ke perangkat (seringkali melalui beberapa router dan server). Untuk memhami bagaimana internet bekerja silakan tonton video ini.

cara kerja firewall yang hampir mirip dengan internet namun bertujuan sebagai proteksi

Hampir mirip seperti internet di mana Firewall ini membedah informasi kunci dalam paket-paket data sebelum mengizinkannya masuk ke jaringanFirewall mengetahui apa yang harus dicari dalam paket ini berdasarkan pada seperangkat aturan untuk mengidentifikasi lalu lintas yang baik (tepercaya) dari lalu lintas buruk (tidak tepercaya). Firewall yang umum digunakan dikenal adalah Packet-Filtering dan sekilas seperti demikian cara kerjanya.

firewall packet filtering melakukan pemeriksaan terhadap lalu lintas data yang masuk ke jaringan

Firewall juga dapat dipasang di berbagai area infrastruktur Anda, termasuk bagian dari jaringan, cloud, dan end point komputer Anda. Tetapi, apa yang dikerjakan Firewal pada akhirnya tetap sama: melindungi jaringan Anda dengan menyaring lalu lintas yang berpotensi berbahaya dan mengizinkan lalu lintas yang aman.

 

APAKAH FIREWALL DAN SERTIFIKAT SSL/TLS IDE KEAMANAN YANG BAGUS?

Dan sebagai pecinta keamanan web yang sudah lama mengandalkan sertifikat SSL/TLS GeoTrust berkualitas, mungkin menambahkan lapisan perlindungan dengan enkripsi sertifikat SSL/TLS pada Firewall adalah ide brilian. Karena selain jaringan yang diamankan, proses transmisi data juga terlindungi dengan dengan kriptografi enkripsi sertifikat SSL/TLS berkualitas.

Anda bisa mengambil gambaran relevansi keamanan sertifikat SSL/TLS berkualitas dengan Firewall berdasarkan jalur transit paket data yaitu Browser – Firewall – Webhost/server dan bisa menggunakan skenario keamanan di bawah ini:

1. Memanfaatkan kedua sertifikat SSL/TLS

Transmisi data Browser ke Firewall Anda akan terenkrip dengan sertifikat SSL/TLS bawaan provider Firewall dan kemudian transmisi data dari Webhost/server ke Firewall akan dienkrip dengan sertifikat SSL/TLS GeoTrust komersial yang Anda beli dari PusatSSL. Skenario ini tidak akan mempengaruhi kinerja keamanan, tetapi akan melibatkan tenaga dan waktu untuk mengurus dua sertifikat SSL/TLS.

 

2. Menggunakan sertifikat SSL/TLS bawaan

Apabila Anda lebih memilih sertifikat SSL/TLS gratis yang tersedia dari provider Firewall, perlu dicatat bahwa hanya satu alamat IP atau host yang dapat dienkripsi. Dengan kata lain, koneksi terenkripsi hanya ada di jalur Browser – Firewall, tetapi tidak di Firewall – Host/server. Bayangkan data pelanggan ataupun informasi rahasia yang terkirim dari Webhost untuk merespon Browser tidak terenkripsi, pelaku MIM attack mungkin sudah berhasil mengambil alih semua jaringan situs web.

 

3. Mengandalkan sertifikat SSL/TLS berkualitas dari CA terpercaya

firewall yang mengisntal sertifikat ssl/tls berkualitas akan melindungi data sensitif dengan enkripsiSertifikat SSL/TLS yang disediakan oleh CA komersial memiliki banyak keunggulan yang bisa memudahkan pekerjaan dan meringankan beban dalam hal keamanan. Misalnya, Anda beli sertifikat SSL/TLS GeoTrust Multi Domain berkualitas untuk menambah lapisan enkripsi pada Firewal yang menampung seluruh host maupun IP. Itu sangat boleh dilakukan dan bahkan memberikan banyak manfaat bagi Anda karena seluruh host atau sub domain bisa diamankan dengan satu unit sertifikat tanpa perlu repot ganti sana-sini. Juga PusatSSL jual sertifikat SSL/TLS berkualitas dari CA yang dipercaya 99% oleh semua platform, termasuk Firewall, sehingga tidak akan mengganggu performa web atau menimbulkan konflik dengan root yang tertanam di Firewall.

 

AKHIR KATA…

Firewall merupakan salah satu dari beberapa lapisan penting dalam pertahanan keamanan organisasi yang efektif. Meskipun benar bahwa Firewall hadir dengan banyak sistem operasi dan solusi antivirus, seringkali teknologi ini tidak memenuhi kebutuhan bisnis. Inilah sebabnya mengapa organisasi perlu mempertimbangkan opsi dan mempertimbangkan solusi Firewall yang lebih komprehensif yang menawarkan perlindungan yang lebih besar dan memanfaatkannya dengan keunggulan keamanan lainnya, solusi sertifikat SSL/TLS berkualitas misalnya.

Sebagai pemilik situs web yang menjalankan bisnis online, tidak seharusnya Anda mengabaikan aspek keamanan siber sekecil apapun karena akan berdampak fatal dalam jangka waktu lama bagi bisnis online. Dan Anda bisa menemukan solusi keamanan web terbaik di PusatSSL, yang jual sertifikat SSL/TLS berkualitas dan termurah untuk mendukung keamanan situs bisnis online Anda yang lebih stabil.

PusatSSL Customer Support

Kontak Customer Support Kami

Kami siap membantu dan menyelesaikan permasalahan Sertifikat SSL/TLS Anda

PAYMENT

Metode Pembayaran di PusatSSL

ISO CERTIFIED

SSL USED