Pada tahun 2020, kejahatan siber masuk dalam 4 besar statistik berdasarkan informasi dari Cyber Observer. Penyebab utamanya adalah karena lemahnya tingkat keamanan siber yang diterapkan oleh perusahaan, sehingga lapisan internal mereka berhasil ditembus dan diambil alih oleh pelaku cyber crime. Sebagai pegiat keamanan web, PusatSSL akan memberitahukan 8 langkah mudah menerapkan keamanan web bisnis online yang bermanfaat sebagai lapisan perlindungan situs bisnis online Anda. Di mana Anda mendapatkan keunggulan enkripsi sertifikat SSL/TLS berkualitas sekaligus autentikasi identitas yang absah untuk membangun bisnis online dengan penuh persiapan.

8 langkah mudah menerapkan keamanan web. Keunggulan sertifikat ssl/tls berkualitas bagi bisnis online

Tips dari kami untuk memberikan Anda solusi keamanan web untuk Anda hanya dengan 8 langkah!

Keamanan web bukanlah produk pabrik yang dibuat untuk menaikan tren pihak tertentu, melainkan sebuah prosedur keamanan yang akan menentukan bagaiamana nasib dari situs web, bisnis online, reputasi, dan kehidupan Anda beserta seluruh karyawan Anda. Tetapi sayangnya, tidak banyak orang mampu memahami dan bisa menerapkan keamanan web dengan baik sehingga berakhir untuk tidak mengamankan situs web dan bisnis onlinenya sama sekali–padahal tindakan tersebut dapat berakibat fatal seperti:menghindari kesalahan fatal berbisnis online dengan menerapkan keamanan web dengan sertifikat ssl/tls berkualitas

  • Menurunkan kepercayaan pengunjung web
  • Menurunnya nilai bisnis online pada situs
  • Merusak reputasi bisnis
  • Memberikan celah yang besar bagi para pelaku cybercrime
  • Membahayakan keamanan data penting milik pelanggan Anda
  • Cara cepat dan instan untuk menghancurkan bisnis online Anda di masa depan

Jadi, bagaimana untuk memulai langkah keamanan web yang benar?

Tetap gulir ke bawah, ya!

 

1. AMANKAN SITUS DENGAN HTTPS

Bagaiamana mengubah situs yang semula HTTP menjadi HTTPS? Pertanyaan yang bagus, jawaban terbaiknya adalah gunakan sertifikat SSL/TLS berkualitas.

Bukan rahasia umum lagi bahwa sertifikat SSL/TLS berkualitas memegang kendali yang sangat penting bagi sebuah keberhasilan bisnis online dan membantu para pemilik web untuk memerangi para pelaku cybercrime yang merugikan.

Beli sertifikat SSL/TLS berkualitas untuk mengamankan komunikasi web Anda dengan memanfaatkan protokol HTTPS dan TLS, di mana semua komunikasi Klien dengan Webserveraka dienkrip dengan kriptografi. Dampaknya, para cyber criminal tidak dapat melakukan pencegatan proses transmisi data yang sedang berlangsung.

 

2. HTTPS BERLAKU UNTUK SEMUA SITUS WEB

Yang sering dianggap oleh kebanyakan orang adalah bahwa sertifikat SSL/TLS hanya diperuntukkan bagi situs yang menjalankan transaksi online di dalamnya (e-commerce). Dan asumsi tersebut sangatlah salah, sebab para Hacker dan pelaku kejahatan siber tidak pandang sebelah mata untuk menyerang dan merauk keuntungan.

Maka dari itulah seluruh browser besar yang tergabung di CA/B forum sepakat mewajibkan situs web untuk memasang sertifikat SSL/TLS berkualitas demi menciptkan lingkungan web yang aman, baik itu situs pribadi/personal, instansi pemerintahan, perbankan, pendidikan formal, pelayanan online, dan lain-lain.

 

3. MENGAMANKAN WEB DENGAN LEVEL VALIDASI

Terdapat 3 (tiga) jenis validasi yang tersedia untuk menerbitkan sertifikat SSL/TLS berkualitas yang tentunya memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda pula. Mulai dari tingkat keamanan rendah, medium, dan tertinggi. Ini tentunya tergantung pada kebutuhan keamanan web yang Anda perlukan.

Adapun ketiga jenis validasi yaitu :

Jika Anda beli sertifikat SSL/TLS berkualitas di PusatSSL, opsi validasi sertifikat yang tersedia tidak hanya menentukan level penerbitan. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari sertifikat SSL/TLS yang divalidasi secara absah, seperti memenangkan kepercayaan pengunjung dan menciptakan lingkaran kenyamanan untuk bertransaksi online dalam situs.

 

4. SSL GRATIS VS SSL BERBAYAR

Meskipun menguntungkan memperoleh sesuatu tanpa mengorbankan uang, tetapi keputusan menggunakan sertifikat SSL/TLS gratisan akan memaksa Anda untuk mengeluarkan uang yang jauh lebih besar di kemudian hari. Ingat, keamanan web adalah sebuah investasi yang sangat penting bagi situs bisnis online Anda. Mari belajar membuat anggaran khusus untuk keamanan web agar penyesalan dan kerugian tidak mendatangi bisnis online Anda.

sertifikat ssl/tls berbayar lebih unggul untuk memaksimalkan performa web dan bisnis onlineAnda bisa berlangganan sertifikat SSL/TLS berkualitas menginvestasikan keamanan web paling menjanjikan dan didukung oleh keunggulan fitur yang tidak akan Anda dapatkan dari sertifikat SSL/TLS gratisan. Salah satunya keuntungan jaminan apabila terjadi pencurian data oleh peretas, maka Anda akan mendapatkan asuransi kerugian dari CA yang menerbitkan sertifikat SSL/TLS, dengan jaminan tertinggi sebesar $2,000,000 jika Anda beli Digicert Secure Site Pro EV atau beli Sectigo Enterprise Pro EV.

 

 

5. RAJIN PERBARUI PERANGKAT LUNAK & KEAMANAN WEB

Memanfaatkan celah kerentanan adalah salah satu cara termudah bagi Hacker untuk mendapatkan akses masuk ke dalam situs web Anda. Dan faktanya, banyak kerentanan tercipta dari perangkat lunak yang tidak pernah diperbarui, tentunya Anda harus rajin memperbarui semua perangkat dan program secara berkala bersama host web. Namun, beberapa ada juga yang dilakukan secara manual seperti update software CMS dan perbarui add-on CMS.

 

6. HAPUS MALWARE UNTUK MENJAGA SITUS ANDA JAUH LEBIH AMAN

Situs web yang terinfeksi malware dan virus berpotensi menghancurkan situs web Anda secara perlahan, namun pasti. Karena malware maupun virus akan mengambil alih kendali situs Anda dan menyalahgunakan kode-kode web untuk mengoperasikan situs secara berbahaya tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemilik web. Tentunya, mimpi buruk ini dijalankan oleh Hacker yang berhasil menemukan kerentanan dalam situs web Anda dan menyuntikan malware melalui celah keamanan. Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengamankan situs web dari kondisi ini, teruslah membaca penjelasan di bawah ini.

Menghapus malware dari situs web Anda bisa jadi rumit. Meskipun dapat dilakukan secara manual, ini tetap memakan waktu dan seringkali tidak efektif jika Anda tidak terlalu paham mengenai situs web. Karena akan melibatkan koneksi web melalui FTP dan setiap file yang secara manual menghapus malware.

Terdengar sulit memang, namun mengamankan situs akan menjadi jauh lebih mudah dengan menggunakan perangkat Malware Scanning . Meskipun tidak gratis, ini akan menghemat waktu Anda dan efektif mencegah malware di jaringan terdalam. Anda bisa mendapatkan Malware Scanning sekaligus keamanan web dengan beli sertifikat SSL/TLS EV berkualitas di PusatSSL. Yang mana setiap brand CA ternama menyertakan fitur Malware Scanning terbaik seperti Norton, Hacker Guardian, dan Site Lock.

 

7. GUNAKAN FIREWALL UNTUK APLIKASI WEB

Langkah berikutnya untuk mengamankan situs bisnis online adalah memanfaatkan Firewall jenis WAF (Web Appliaction Firewall) berbasis cloud dengan keuntungan:

  • Penyedia layanan WAF akan mengelola Firewall Anda dan terus memperbarui serangkaian protokol di dalamnya.
  • Mereka biasanya menawarkan fleksibelitas yang cukup di mana Anda juga dapat menambahkan aturan secara khusus.
  • Karena berjalan di CDN, maka situs web Anda akan berjalan dengan kecepatan yang tinggi dan stabil

 

8. LAKUKAN BACK UP DATA SITUS WEB SECARA BERKALA

lakukan backup data situs web secara berkala untuk menghindari kerugian ancaman siber dan kehilangan dataSatu hal yang terlihat sepele, namun sangat fatal apabila tidak dilakukan adalah melakukan back up data situs web secara berkala dari server Anda. Cara terbaik untuk back up situs web Anda adalah dengan tool otomatis yang menyimpan back up web Anda di tempat yang aman, seperti server berbasis cloud (CloudServer). Sebab, back up web secara manual memakan waktu dan mengharuskan menyetel pengingat agar dapat melakukannya secara teratur.

Selain itu, buruknya melakukan back-up secara manual adalah mencari tahu di mana harus menyimpan back up  dengan aman. Itulah mengapa sebuah tool back up otomatis sangat diperlukan .

 

AKHIR KATA…

Tips di atas sangat layak untuk diterapkan demi menyelamatkan nasib bisnis online Anda dari segala kemungkinan ancaman dan serangan siber terburuk. Bisnis online tidak akan berjalan mulus apabila Anda hanya mengedepankan strategi tanpa perlindungan terhadap aset online, mengingat kejahatan siber semakin bervariasi dan mungkin bisa menyerang situs web dan jaringan Anda kapanpun.

PusatSSL Customer Support

Kontak Customer Support Kami

Kami siap membantu dan menyelesaikan permasalahan Sertifikat SSL/TLS Anda

PAYMENT

Metode Pembayaran di PusatSSL

ISO CERTIFIED

SSL USED