Sebagai pengguna yang sering beli sertifikat SSL/TLS berkualitas untuk melindungi situs, apakah Anda sudah mengenal siapa itu Otoritas Sertifikat (CA) dan mengapa menerbitkan sertifikat SSL/TLS berkualitas untuk keamanan web?  Terlepas dari brand sertifikat SSL/TLS yang PusatSSL jual, kami telah menyusun beberapa daftar pertanyaan teratas tentang Otoritas Sertifikat yang sering diajukan orang-orang dengan penjelasan komprehensif untuk membantu Anda lebih memahami peran mereka dalam internet security.

siapa itu otoritas sertifikat (ca) dan mengapa menerbitkan sertifikat ssl/tls berkualitas untuk keamanan web

Siapa itu Otoritas Sertificate (CA)?

Otoritas sertifikat atau Certificate Authority (CA) adalah entitas dipercaya oleh web browser dan sistem operasi untuk menerbitkan sertifikat digital (termasuk sertifikat SSL/TLS). Dengan melakukan berbagai tugas validasi dan autentikasi terhadap keabsahan pengguna sertifikat keamanan digital, menjadikan CA sebagai bagian integral dari security internet yang menjembatani transparansi identitas online.

Adanya banyak Otoritas Sertifikat (CA) di industri keamanan digital yang bisa Anda temui baik CA profit atau nirlaba yang memiliki misi dan visi yang sama, menciptakan lingkungan internet yang aman dan dapat dipercaya dengan menerbitkan ribuan sertifikat SSL/TLS berkualitas setiap harinya. Adapun untuk menjadi Otoritas Sertifikat terpercaya diperlukan juga proses legitimasi oleh browser dalam kurun waktu lama bahkan bertahun-tahun, di mana CA harus membuktikan bahwa mereka berkomitmen menjalankan autentikasi dan validasi terhadap sertifikat digital dengan mengikuti standar compliance yang berlaku sebelum berhasil diluluskan sebagai Otoritas Sertifikat (CA) terpercaya dan menanamkan root pada certificate store milik browser.

 

Apa yang dilakukan Otoritas Sertifikat (CA)?

Sesuai namanya, Otoritas Sertifikat (CA) termasuk pihak yang memiliki otoritas dalam menerbitkan sertifikat SSL/TLS untuk semua kalangan pengguna individu, organisasi, perusahaan, dan lainnya–selagi memiliki identitas yang dapat diverifikasi keabsahannya. Membuktikan siapa jati diri pemilik sertifikat SSL/TLS dengan melewati beberapa tahapan proses validasi, autentikasi, dan audit. Yang kemudian informasi tersebut dicantumkan pada sertifikat SSL/TLS dan memiliki visibilitas bagi siapa pun yang melihat.

Jadi, apa yang dilakukan Otoritas Sertifikat sebelum menerbitkan sertifikat SSL/TLS dengan identitas yang tercantum adalah sebagai berikut.

  • Membuktikan identitas pemilik sertifikat. Hal ini diperlukan karena ada begitu banyak pihak yang mencoba mengaku-ngaku sebagai suatu organisasi maupun bisnis untuk tujuan berbahaya atau menipu.
  • Validasi terhadap keabsahan perusahaan atau organisasi ( bahwa situs Anda tidak dioperasikan oleh peretas).  Apa cara yang lebih baik untuk menjalankan kejahatan selain dengan berpura-pura menjadi pihak lain dengan membuat situs web palsu yang menyerupai situs asli? Namun, jika Anda beli sertifikat SSL/TLS EV tidak hanya koneksi situs yang diamankan melainkan reputasi bisnis perusahaan Anda karena telah terjamin keabsahannya oleh CA yang telah melakukan validasi sebelum diterbitkan.

Selain itu CA tidak hanya membantu Anda dalam menjaga performa bisnis online dengan autentikasi identitas melainkan juga melindungi koneksi situs web dengan keunggulan kriptografi enkripsi dalam sertifikat SSL/TLS yang diterbitkan. Di mana domain yang telah diverifikasi kepemilikannya (domain approval) akan terautentikasi sebagai domain yang dilapisi enkripsi oleh CA.

Otoritas Sertifikat (CA) juga sering bertanggung jawab untuk memelihara Certificate Revocation Lists (CRL) yang memberi tahu ketika sertifikat SSL/TLS invalid sebelum tanggal kedaluwarsa yang ditetapkan.

 

Mengapa Otoritas Sertifikat (CA) dibutuhkan untuk menerbitkan sertifikat SSL/TLS?

otoritas sertifikat (ca) menerbitkan sertifikat ssl/tls berkualitas untuk menciptakan lingkungan situs yang aman dan transparansi identitasBagaimana Anda membangun identitas di internet? Layaknya kebutuhan KTP atau paspor yang digunakan sebagai pengenal identitas dalam kehidupan sehari-hari, Anda perlu pergi ke kantor Samsat setempat untuk mencetaknya dan terdaftar sebagai individu utuh suatu wilayah dan memungkinkan Anda untuk menjalani keseharian secara sah. Ini tak bedanya dengan membangun identitas pada situs web yang menjadi tempat Anda beraktivitas online sehari-hari. Di sini, Otoritas Sertifikat (CA) berposisis sebagai pihak ketiga yang menjembatani Anda dengan browser agar diberikan izin untuk membangun integritas web dengan nilai-nilai security compliance yang berlaku. Identitas situs bisnis online yang dipercaya oleh browser, otomatis dipercaya juga oleh para pengunjung yang mengganggap Anda sebagai pebisnis yang kredibel di bawah jaminan Otoritas Sertifikat (CA).

Apa jadinya jika CA tidak pernah ada?

Tak ada situs web yang aman hingga sekarang dengan beredarnya banyak situs palsu yang mengklaim sebagai perusahaan besar. Sebab itu, Otoritas Sertifikat hadir untuk menerbitkan sertifikat SSL/TLS berkualitas dengan absah agar situs bisnis online Anda dapat diterima dan dipercaya oleh browser maupun pengunjung.

 

Bagaimana Otoritas Sertifikat (CA) menerbitkan sertifikat SSL/TLS berkualitas?

bagaimana otoritas sertifikat (ca) menerbitkan sertifikat ssl/tls berkualitas dimulai dari beli sertifikat ssl/tls oleh pengguna

Ilustrasi di atas menggambarkan bagaimana Otoritas Sertifikat (CA) menerbitan sertifikat SSL/TLS secara bertahap, dimulai dengan Anda yang meminta atau beli sertifikat SSL/TLS berkualitas pada CA publik yang menyediakan layanan sertifikat SSL/TLS, yang kemudian CA menjalankan rangkaian proses validasi terhadap sertifikat SSL/TLS tersebut untuk membuktikan bahwa Anda adalah individu atau perusahaan yang terdaftar secara sah dan legal serta juga memastikan kalau Anda mengontrol domain tersebut. Setelah tahapan validasi selesai, pihak Otoritas Sertifikat akan menerbitkan sertifikat SSL/TLS untuk Anda yang terdiri dari beberapa file public key dan chain. Sertifikat SSL/TLS yang berhasil diterbitkan tersebut bisa Anda pasang langsung pada server dengan private key yang cocok.

Demikian Anda dapat menciptakan saluran komunikasi web yang terenkripsi secara aman sekaligus menunjukan identitas perusahaan untuk membangun bisnis online yang dapat dipercaya dengan sertifikat SSL/TLS berkualitas yang diterbitkan oleh Otoritas Sertifikat (CA).

 

Apa yang membuat Otoritas Sertifikat (CA) dipercaya?

Otoritas Sertifikat adalah pihak ketiga yang secara inheren dapat dipercaya karena dua alasan utama,

CA publik bersifat otonom dan tidak dikontrol oleh pemohon sertifikat. Ini adalah perbedaan besar antara Otoritas Sertifikat publik dan private–CA publik terpisah perjanjian dari entitas yang meminta sertifikat.

CA publik (dan sertifikat SSL/TLS yang diterbitkan) memiliki standar minimal yang harus dipenuhi. Misalnya, CA/B Forum yang memiliki Baseline Requirement . Demikian sertifikat SSL/TLS tidak dapat dipalsukan–artinya tidak ada yang dapat memodifikasinya tanpa Anda sadari.

Ini semua tentang kepercayaan… untuk kerangka kerja autentikasi agar berfungsi, CA harus memiliki kepercayaan dari organisasi pihak ketiga.

 

Macam-macam Otoritas Sertifikat (CA)

 

a. Otoritas Sertifikat Internal (Private CA)

Private CA adalah CA internal yang dikendalikan oleh peminta sertifikat SSL/TLS.  Meskipun dapat menandatangani sendiri kriptografi yang ingin digunakan pada sertifikat SSL/TLS, pendekatan semacam ini tidak akan berhasil dengan pihak ketiga yang tidak mengenal Anda.

b. Otoritas Sertifikat Publik (Public CA)

Otoritas Sertifikat publik adalah entitas terpisah yang tidak dikontrol oleh peminta sertifikat SSL/TLS. Inilah sebabnya mengapa ketika orang berbicara tentang CA, mereka biasanya berbicara tentang CA publik.

 

 

Akhir Kata…

Otoritas Sertifikat (CA) adalah suatu pihak yang diberikan wewenang untuk menerbitkan sertifikat keamanan digital (sertifikat SSL/TLS, Code Signing, S/MIME, Email & Document Signing) dengan mengikuti prosedur security compliance yang berlaku yaitu di antaranya validasi dan autentikasi. Selain membantu untuk memverifikasi identitas Anda, CA juga merupakan bagian integral dari infrastruktur public key dan internet security yang mana bisa menjadi jembatan kepercayaan antara browser dan pengguna secara absah.

otoritas sertifikat (ca) pihak yang dipercaya dan memiliki wewenang untuk memeriksa, validasi dan autentikasi terhadap identitas suatu pengguna sertifikat ssl/tls berkualitasSehingga apabila Anda beli sertifikat SSL/TLS dari CA publik yang telah dipercaya di industri maka tidak perlu khawatir jika sertifikat SSL/TLS gagal diterbitkan karena adanya malpraktik. Para Otoritas Sertifikat telah mengambil komitmen dengan CA/B Forum untuk terus mematuhi standar Baseline Requirement yang berlaku demi menciptakan integritas keamanan web secara online di internet. Karena ini semua hanya menyangkut kepercayaan dalam internet untuk saling terintegrasi tanpa membahayakan lingkungan situs.

PusatSSL Customer Support

Kontak Customer Support Kami

Kami siap membantu dan menyelesaikan permasalahan Sertifikat SSL/TLS Anda

PAYMENT

Metode Pembayaran di PusatSSL

ISO CERTIFIED

SSL USED