Selain ikon padlock dan mengubah status URL menjadi HTTPS, setiap penggunaan sertifikat SSL/TLS juga memberikan indikator trust yang dapat diandalkan oleh para pengguna, yaitu Site Seal. Mengapa demikian? Apakah site seal memberikan dampak besar terhadap nilai penjualan bisnis online? Bagaimana dengan kontra bad behaviour user terkait site seal?

Mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

site seal adalah trust logo yang penting bagi penggunaan sertifikat berkualitas

Pada setiap saat Anda membeli sebuah sertifikat SSL/TLS tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan sesuatu yang bernama Site Seal. Ya, Site Seal (biasa disebut juga sebagai Trust Logo) adalah sebuah indikator visual yang memberitahukan kepada para pengunjung situs Anda bahwa Anda sangat menghargai keamanan dan privasi online.

 

Site Seal, Segel Digital yang Menambah Nilai Kepercayaan Sebuah Situs

Akan tetapi, tidak semua site seal yang ada pada setiap SSL Certificate yang Anda beli itu sama, mereka memiliki tipe, tampilan, fungsi serta keunikan yang berbeda-beda yang berdasarkan pada jenis validasi sertifikat SSL/TLS. Site Seal dibedakan menjadi 2 tipe yaitu :

1. Dynamic Site Seal

dynamic site seal sertifikat ssl/tls berkualitas

Merupakan sebuah site seal yang dapat diklik dan menampilkan informasi penting serta  detail mengenai bisnis atau perusahaan Anda. Dynamic Site Seal merupakan segel yang memiliki kualitas tertinggi dan terbaik karena selain menampilkan status situs web, juga memberikan kenyamanan kepada visitor dengan nilai jaminan yang disediakan oleh CA apabila sewaktu-waktu terjadi kesalahan pada performa sertifikat SSL/TLS sehingga menyebabkan kerugian dari kedua pihak; pemilik dan pengunjung situs.  Dengan begini Anda telah mempriroritaskan keamanan yang terpercaya terhadap situs Anda sehingga mempengaruhi juga dalam menumbuhkan rasa kepercayaan para pelanggan Anda. Namun, segel ini hanya dapat dimiliki bagi pengguna sertifikat SSL/TLS dengan validasi Extended Validation (EV) dan Organization Validation (OV), sebab dibutuhkannya informasi bisnis secara legal untuk divalidasi sebelum dijadikan sebagai detail site seal.

 

2. Static Site Seal

Segel yang tidak dapat diklik dan tidak dapat menampilkan informasi penting dan juga detail situs organisasi atau bisnis Anda, dan pada dasarnya hanyalah sebuah file gambar, namun tetap mampu meningkatkan indikator kepercayaan kepada setiap pengunjung dan pelanggan situs Anda bahwasannya situs dan bisnis Anda aman . Dan tipe Static Site Seal ini hanya didapatkan oleh para pengguna Sertifikat SSL/TLS yang memilih SSL dengan validasi Domain Validation (DV).

 

Mengapa Site Seal?

Saat pelanggan melihat adanya site seal yang terpasang pada halaman beranda, log in, maupun checkout, maka pengguna mereka akan semakin percaya untuk melakukan transaksi bahkan berlangganan. Karena dengan site seal website Anda akan menciptakan kesan percaya terhadap pengguna dan menjadi kunci utama untuk membangun  rasa nyaman untuk berbelanja di situs web yang telah dijamin terlindnungi. Tentu saja, apakah Anda ingin berbelanja tanpa di sebuah toko tanpa identitas ataupun jaminan satpam di depan pintu utama toko?

  • Meyakinkan pengunjung bahwa situs web Anda dilindungi dan aman.
  • Memperbaiki nilai konversi.
  • Jaminan bagi pengunjung apabila transaksi dan informasi privasi mereka terjaga.
  • Memberikan status keamanan situs web Anda (khususnya pada dynamic site seal).
  • Menunjukan identitas legal perusahaan Anda.

 

Kontra Site Seal sebagai Bad Behaviour User?

Namun, baru-baru muncul kontra tentang penggunaan site seal pada situs yang menyebutkan bahwa sebuah site seal sebenarnya bisa disalin (icon/image) secara bebas di internet dan kemudian dipasangkan pada setiap situs layaknya stiker, selain itu beberapa menyebutkan juga bahwasanya segel digital ini tidak sepenuhnya membantu situs Anda meningkat pesat di SEO karena sebenarnya site seal hanya mengoptimalkan SEO dari Certificate Authority (CA) sehingga ini memungkinkan tidak membantu nilai konversi dari situs Anda. Namun, hal ini masihlah sebatas opini kontra yang bisa saja memang betul atau juga salah, tergantung dari mana Anda lebih mempercayainya.

pro dan kontra bad behaviour user terhadap site seal CA terpercayaApa yang perlu diingat adalah sebuah bisnis yang baik adalah bisnis yang selalu membangun kepercayaan para pelanggannya dengan menunjukan keaslian identitas yang telah diverifikasia oleh pihak otorisasi bereputasi, serta memberikan kenyamanan kepada pelanggan dengan pengalaman bertransaksi yang aman dalam situs Anda.

PusatSSL Customer Support

Kontak Customer Support Kami

Kami siap membantu dan menyelesaikan permasalahan Sertifikat SSL/TLS Anda

PAYMENT

Metode Pembayaran di PusatSSL

ISO CERTIFIED

SSL USED