Sebagai pebisnis yang beritikad baik dan professional, seharusnya kita bisa melihat seluruh aspek penjualan baik secara offline maupun online. Jika sebuah toko mengamankan bisnis dengan menyewa guard maupun kamera CCTV, maka sama halnya dengan bisnis online shop yang harus dijaga situs webnya dengan sertifikat SSL berbayar namun berkualitas yang menunjukan identitas si pebisnis. Namun, apa jadinya jika situs belanja tersebut malah mengandalkan sertifikat SSL gratisan?? 

online shop melalui e-commerce yang transparan identitas dengan sertifikat ssl berbayar bukan ssl gratisan

 

INOVASI YANG TETAP TERJAMIN KEAMANANNYA DENGAN SERTIFIKAT SSL/TLS

Tahun ini harusnya menjadi perkembangan dari industri 4.0, dengan adanya pandemi Covid-19 yang menggemparkan seluruh dunia mengharuskan segala aktivitas yang kita lakukan yang biasanya bersifat secara tatap muka menjadi terbatas atau bahkan terhenti. Seluruh dunia dan pemerintah di dalamnya dituntut untuk mencari solusi di tengah adanya wabah ini untuk mensiasati aktivitas masyarakat agar tetap berjalan normal seperti biasanya namun tetap dalam kondisi menjaga diri secara aman agar tidak menjadi korban wabah Covid-19. Ini bisa dikatakan sebagai langkah awal bagi penggiat teknologi di Indonesia mengembangkan inovasi mereka.

online shop menjadi kebutuhan primer bagi masyrakatSalah satu aktivitas yang tidak bisa lepas dari keseharian kita sebagai makhluk sosial adalah berbelanja. Ya, berbelanja merupakan aktivitas yang sudah sangat erat dan melekat pada kebiasaan dan kebutuhan manusia setiap harinya baik dari sisi pelanggan maupun pihak yang menjual produk. Aktivitas ini juga sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup setiap individu maupun perusahaan bahkan hingga pemerintah dalam menjaga kestabilan ekonomi di tengah pandemi yang melanda.

Tentunya dengan mengikuti perkembangan zaman, teknologi serta dengan adanya wabah yang melanda dunia ini hampir seluruh aktvitas transaksi dan berbelanja di alihkan secara online di negara berkembang dan seluruhnya dialihkan secara online di negara maju mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan–tidak interaksi fisik selama pandemi berlangsung. Hal ini memicu para pelaku usaha dan bisnis mulai dari usaha kecil, menengah hingga besar mulai gencar menyusun strategi dalam mempertahankan bisnisnya di perang pasar secara digital ini.

 

GUNAKAN SERTIFIKAT SSL/TLS BERKUALITAS UNTUK KEAMANAN MAKSIMAL BISNIS ONLINE

Dampaknya, banyak situs e-commerce baru yang bermunculan sebagai salah satu cara dan wadah bagi perusahaan untuk memasarkan produknya secara online, namun dibalik itu masih banyak para pelaku bisnis yang hanya berfokus pada sisi penjualan produknya saja tanpa melihat dan memikirkan dari sisi teknisnya berupa keamanan situs dan data para pelanggan yang mendaftar dan melakukan transaksi di dalamnya yang padahal ini sangatlah penting dan perlu diprioritaskan oleh setiap pelaku bisnis yang memiliki situs e-commerce.

sertifikat ssl berbayar dan berkualitas mampu meningkatkan nilai online shopKesadaran dari sisi keamanan ini juga masih banyak diabaikan oleh para pelaku bisnis yang memiliki situs e-commerce sehingga saat mereka akhirnya secara terpaksa harus menggunakan protokol keamanan pun yang mereka cari dan gunakan adalah protokol keamanan termurah atau bahkan mengandalkan sertifikat SSL gratisan! Hal ini tentu juga sangat disayangkan, jika saya adalah seorang pembeli yang ingin membeli sebuah produk di sebuah situs e-commerce maka pertimbangan perihal kualitas jaminan kemanan dan juga kepercayaan akan sangat saya kritisi, mengapa tidak? Karena ini sangat penting terkait keamanan data pribadi dan keabsahan dari suatu e-commerce apakah benar-benar dalam menjaga keamanan setiap transaksi di dalamnya. Salah satunya adalah dengan mencari tahu tentang keamanan yang digunakan situs e-commerce tersebut, apakah mereka menggunakan sertifikat SSL berbayar atau abal-abal?

SERTIFIKAT SSL BERBAYAR VS SSL GRATIS

Sertifikat SSL/TLS pada umumnya dikemas dalam sebuah sertifikat digital dimana peran sertifikat SSL/TLS yang berkualitas sangat penting dan besar sebagai jaminan web security terbaik setiap situs yang menggunakannya dengan tujuan untuk mengamankan data penting seperti dokumen pribadi dan aktivitas transaksi para pelanggan di dalamnya. Dengan penggunaan SSL Certificate ini maka, kita sebagai user/pelanggan yang hendak melakukan transaksi jual dan beli serta memberikan data pribadi kita kepada situs tersebut tidak akan merasa ketakutan dan khawatir terkait keamanan. Namun sayangnya, pilihan jenis sertifikat SSL/TLS ini juga perlu diperhatikan karena faktanya di lapangan banyak e-commerce dan situs besar online shop yang popular masih banyak yang menggunakan pengamanan mereka dengan sertifikat SSL GRATIS.

Hal ini tentunya menjadi ukuran kita bahwa setiap situs apalagi sekelas e-commerce tidak sepatutnya menggunakan pengamanan secara gratis yang dimana ini terkait keamanan dan kepercayaan pelanggan serta mengandung banyak risiko di dalamnya. Secara tampilan keamanan yang didapatkan dan diberikan oleh sertifikat SSL gratis pada umumnya hampir tidak memiliki perbedaan dengan sertifikat SSL berbayar, namun dari sisi kelebihan serta jaminan trust yang diberikan sangat jauh berbeda daripada sertifikat SSL gratisan.

 

Sertifikat SSL Berbayar
Sertifikat SSL Gratis
Proses validasi yang sangat ketat sehingga tidak akan ada celah para cyber criminal untuk meniru situs tersebut 100%. Proses validasi cenderung sangat mudah dan kurang aman sehingga mudah bagi para pelaku cyber criminal untuk meniru situs bahkan hingga 100%.
Adanya jaminan penanganan kendala dan full service oleh Certificate Authority (CA) secara langsung apabila suatu terdapat masalah/perubahan aturan standar protocol. Tidak adanya jaminan penanganan dan service oleh pihak Certificate Authority (CA) apabila terdapat masalah/perubahan aturan standar protocol.
Mendapatkan perangkat kemanan lebih selain keamanan enkripsi namun juga berupa Site Seal dan Malware Scanners. Tidak  mendapatkan perangkat kemanan lebih dan hanya sebatas enkripsi saja.
Ditampilkannya identitas bisnis secara keseluruhan pada site seal (dynamic) dan certificate yang telah terverifikasi secara absah baik secara nasional maupun internasional. Tidak terdapat identitas bisnis sehingga cenderung lebih mudah menjadi sasaran para plagiat untuk membuat keliru para pelanggan untuk menjalankan aksi cyber crime.

 

Dan menjadi saran umum bagi pebisnis untuk menggunakan sertifikat SSL/TLS EV maupun OV dari CA yang terpercaya karena mampu memberikan otentikasi bisnis Anda melalui setifikat SSL berbayar. Karena identitas Anda sebagai pebisnis akan dikenal oleh pelanggan bahkan pengunjung baru sekalipun, yang mana memberikan manfaat kepada Anda untuk menaikan nilai sales dan jaminan dari pihak CA yang bisa diandalkan.

Jadi apakah masih berani berbelanja di situs yang tidak menjaga keamanan data pelanggannya dengan baik dan tidak terpercaya? Tentukan pilihan Anda!!

 

 

PusatSSL Customer Support

Kontak Customer Support Kami

Kami siap membantu dan menyelesaikan permasalahan Sertifikat SSL/TLS Anda

PAYMENT

Metode Pembayaran di PusatSSL

ISO CERTIFIED

SSL USED